Selasa, 03 Desember 2013

MERAKIT JARINGAN LAN


JARINGAN LAN

Marilah kita belajar bagaimana cara membuatjaringan LAN dengan merakitnya sendiri. Dalam perakitan ini dibutuhkan alat seperti:
1.     2 laptop atau komputer


2.     Kabel UTP


3.     Gunting


4.     Konektor RJ 45


5.     Grimping tool


6.     Fluke/LAN tester



Proses Perakitan
        1.     Siapkan kabel UTP 1 meter dan RJ 45 4 buah
        2.     Gunting kabel menjadi 2 bagian sama panjang
3.    Gunting masing-masing kedua ujung kabel hingga terlihat pin kabel yang warna-warni, luruskan bagian-bagian pin kabel yang saling melilit.
4.  Atur masing-masing ujung kabel. Kali ini kita akan membuat 2 jenis kabel sehingga untuk jenis pertama urutan warna untuk masing-masing ujung kabel sama YAITU :
A. Putih orange Orange Putih hijau Biru Putih biru Hijau Putih coklat Coklat.
Untuk kabel jenis kedua masing-masing ujung kabel diurukan dengan urutan warna yang berbeda. Salah satu ujung kabel diurutkan sesuai urutan warna ( A ) dan salah satu ujung kabel yang lainnya diurutkan sesuai urutan warna YAITU:
B. Putih hijau Hijau Putih orange Biru Putih Biru Orange Putih coklat.
5.    Setelah masing-masing kabel telah diurutkan sesuai warna yang ditentukan, masukkan kedalam RJ 45  degan meletakkan RJ 45 sejajar dan masing-masing pin telah masuk dengan tepat.
6.     Kunci dengan menggunakan Crimping Tool
7.     Lakukan uji coba menggunakan Fluke/LAN Tester
        Pastikan masing-masing lampu pada Fluke/LAN Tester menyala dengan pasangan 1- 3, 2 6, 4 4, 5 5, 7 7, 8 8. Jika urutan rampu salah atau tidak menyala maka cek kembali urutan warna karena dipastikan terdapat kesalahan.

UJI COBA
1.   Siapkan 2 laptop dan masukkan sesecara manual alamat IP:
        Laptop A: 192. 168.122. 122
        Laptop B; 192. 168.122. 123
2.  Ketik perintah “ ping ip_tujuan” pada menu command prompt. Jika jarinagn LAN dudah tersambung maka akan terdapat tulisan replay.
3 Setelah jarinagn LAN tersambung kita dapat mengimplementasikan topologic lien server dengan cara sebagai berikut:
Ø  Share kan 1 buah folder pada laptop A sebagai server (terserah drive manapun) dengan cara klik kanan>>share with>>homegroup
Ø  Pada laptop B (client) lakukan proses pengcopian data dari data yang di share oleh laptop A (server). Pada laptop B lakukan proses pengcopian data dari data yang di share oleh laptop A, dan sebaliknya.

Kesimpulan:
“Dalam percoaan yang saya lakukan terdapat kesalahan dalam proses crimping sehingga dalam proses uji coba tidak berhasil walaupun dalam pengujian menggunakan Fluke/LAN Tester setiap lampu sudah menyala sesuai aturannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar