Jumat, 04 Oktober 2013

Cara Menginstall Windows 7

Cara-cara menginstal windows 7, antara lain:
1.     Pertama atur First Boot komputer anda ke DVD.
Restart Komputer atau tekan F2 untuk masuk ke menu Setup di menu Bios, atau terkadang harus menekan Tombol Del, dengan tulisan "Del To Setup".

2.     Dalam  menu Bios akan ada tampilan seperti di bawah ini mungkin akan  berbeda di setiap komputer, tetapi tinggal sesuaikan saja.



3.     Di menu Boot, pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot dan pastikan memakai CD ROOM. Tekan Tombol F10 untuk menyimpan dan exit, maka komputer akan Merestart.



4.    Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah "Press any key to boot from CD or DVD"  tekan tombol apapun pada keyboard. Seperti gambar di bawah ini:



5.     Berikutnya akan tampil menu pengisian Bahasa, format waktu, dan Metode Keyboard, lakukan pengisiannya seperti gambar dibawah ini, dan pilih Next :



6. Setelah itu muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, Pilih Install now



7.    Maka akan tampil menu pilihan persetujuan, centang menu I accept the license terms, dan pilih Tombol Next.



8.
     Sekarang pilih dan klik menu Custom Advanced



9.
     Berikutnya akan tampil menu Drive Options seperti ini:



10.
    Sekarang pilih Drive C yang telah di Format tadi dan klik tombol Next.



11.
     Proses penginstalan windows sedang berlangsung





12.    Setelah sistem mengkopi dan instalasi wondows 7, komputer akan merestart, saat menyala akan tampil kembali perintah "Press any key to boot from CD or DVD" dan jangan tekan tombol apapun, biarkan sampai tampil seperti gambar dibawah ini:





13.    Sekarang kita masuk ke menu pengisian personalisasi windows 7, pengisiannya cukup ikuti seperti gambar-gambar dibawah ini hingga windows 7nya berhasil terinstal :



14.
    Isi data tersebut kemudian pilih Next.


15.    Masukkan product key jika anda sudah memilikinya, atau skip jika anda ingin mengisikannya nanti.


16.    Pilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut. Untuk Windows 7 yang asli silahkan pilih pilihan pertama, sedangkan untuk windows 7 yang tiruan silahkan pilih pilihan 2 atau 3.



17.
    Atur waktu dan timezone seperti gambar dibawah ini :


18.    Tunggu beberapa saat, dan Windows 7 pun berhasil terinstall ulang di komputer anda.





Tugas Tambahan

Apakah perbedaan antara x86 dan x64?
Jawab:
x86 adalah 32 bit sedangkan x64 =adalah 64 bit.
Penjelasan: System 32-bit memanfaatkan data dalam potongan 32-bit sedangkan sistem 64-bit memanfaatkan data dalam potongan 64-bit. Secara umum, semakin banyak data yang dapat diolah sekaligus, sistem semakin cepat beroperasi. Ada beberapa keuntungan lainnya untuk sistem 64-bit juga, paling praktis untuk kemampuan menggunakan jumlah data yang secara signifikan lebih besar dari memori fisik.

Apakah perbedaan antara upgrade installation dan custom ?
Jawab:
a. Upgrade : Jika anda memilih opsi ini, maka artinya windows 7 yang sedang anda install ini akan menggantikan versi lama yang sebelumnya telah terinstall di komputer anda. Anda tidak perlu khawatir, karena system akan tetap menjaga file-file anda, setting serta berbagai program di komputer anda. 
b. Custom (Advanced) : Opsi ini hampir sama dengan opsi Upgrade. Bedanya system tidak akan melindungi file-file anda, setting program-program yang telah ada di komputer anda sebelumnya. Asumsikan anda memilih opsi Custom.

Berapakah minimal ruang kosong untuk memasang Windows 7 ?
Jawab:
Minimal kapasitas untuk install os 20gb. Jika standar kapasitas pada komputer untuk os win 7 32 bit ram 2 gb cukup untuk os win7, tetapi untuk 64 bit ram 3 atau 4 gb sudah cukup. VGA 256 cukup jika untuk standart pemakaian..

Jelaskan type praktisi dalam windows 7 ?
Jawab:
Partisi Primary merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data. Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang pertama diakses komputer untuk booting. Jadi, intinya partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk booting sistem operasi tersebut. Bisa dibilang data dari sistem operasi tersebut disimpan disini.
Partisi Extended partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.
Partisi Logical merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data. Nah, ini contohnya drive :D, :E, :F, dan seterusnya pada Windows. Jadi, partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar